Senin, 01 Maret 2010

ASI Ekslusif Menjalin Keakraban Bayi dengan Sang Ibu.

ASI Ekslusif menjalin keakraban bayi dengan sang ibu.

Ini adalah salah satu kelebihan pemberian air susu ibu yang tak tergantikan, karena media pertama bayi mengenal lingkungan adalah melalui ibu.

Kapan bayi memerlukan makanan pendamping ASI ?

· Yaitu ketika memasuki usia 6 bulan, karena bayi telah siap menerima makanan bukan cair dengan tumbuhnya gigi dan lidah tidak menolak makanan ½ padat meskipun masih harus bertekstur sangat halus dan licin, di samping lambung telah lebih baik mencerna zat tepung.
· Kebutuhan energi dan gizi bayi tidak cukup lagi kalau hanya dipasok dari ASI sehingga memerlukan makanan pendamping ASI.
· Perlu diingat bahwa makanan yang diberikan bukan untuk menggantikan ASI melainkan sebagai pendamping, sehingga ASI tetap diberikan.

Bahan makanan untuk membuat makanan pendamping ASI atau makanan sapihan.

· Mudah didapat.
· Dimasak dengan resep lokal.
· Mengandung :
- Makanan Pokok / Karbohidrat seperti tepung beras, gandum, tepung maizena (tepung jagung), kentang,
- Ditambah bahan lain semisal kacang, sayuran daun hijau atau kuning, daging, yang kemudian dibuat menjadi bubur dan diperkaya dengan sedikit minyak atau lemak.
- Bubur dibuat kental dan tidak terlalu cair.
· Perlu perkenalan untuk menyukai cita rasa makanan baru tersebut. Pada perkenalan pertama jika bayi mau memakan sesendok atau dua sendok saja, itu sudah cukup. Kira-kira dua minggu kemudian bayi akan terbiasa dengan makanan baru tersebut.
· Yang tidak boleh dilupakan ialah buah-buahan atau air buah pada setiap waktu makan juga sebagai makanan selingan diantara dua waktu makan.

(Arisman, Buku Ajar Ilmu Gizi. GDDK. Jakarta : EGC,2004.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar